BAGIAN - BAGIAN BANGUNAN GEDUNG ( Bagian 2 )

Jumat, 21 Maret 2014


2. BANGUNAN ATAS

A.    DINDING



Dinding adalah bagian bangunan yang terletak di bagian atas sloof dimana dinding berfungsi sebagai penutup bagaian badan bangunan, penyekat antar ruangan, sebagai elemen estetika / keindahan bangunan bahkan sebagai elemen pemikul konstruksi bagian bangunan lain yang ada diatasnya dan meneruskannya ke balok sloof.

Lihat Video terkait :

B.     KOLOM

Kolom pada bangunan rumah tinggal ada dua macam :
·         Kolom Utama


Kolom yang fungsi utamanya menyangga beban utama yang berada diatasnya. Untuk rumah tinggal disarankan jarak kolom utama adalah 3.5 m, agar dimensi balok untuk menompang lantai tidak tidak begitu besar, dan apabila jarak antara kolom dibuat lebih dari 3.5 meter, maka struktur bangunan harus dihitung. Sedangkan dimensi kolom utama untuk bangunan rumah tinggal lantai 2 biasanya dipakai ukuran 20/20, dengan tulangan pokok 8d12mm, dan begel d 8-10cm ( 8 d 12 maksudnya jumlah besi beton diameter 12mm 8 buah, 8 – 10 cm maksudnya begel diameter 8 dengan jarak 10 cm).

·         Kolom Praktis


Adalah kolom yang berfungsi membantu kolom utama dan juga sebagai pengikat dinding agar dinding stabil, jarak kolom maksimum 3,5 meter, atau pada pertemuan pasangan bata, (sudut-sudut). Dimensi kolom praktis 15/15 dengan tulangan beton 4 d 10 begel  d 8-20.
 
Gambar pemasangan kolom terhadap fondasi
Lihat Video terkait :



C.     PINTU JENDELA DAN VENTILASI


Pintu adalah tempat keluar masuk orang, hewan, udara , cahaya, barang, dsb keluar / kedalam bangunan atau ruangan.
Jendela adalah tempat keluar masuknya udara maupun cahaya kedalam bangunan yang bisa dibuka dan ditutup.
Ventilasi adalah tempat keluar masuknya udara maupun cahaya kedalam bangunan yang selalu terbuka.
Letak ketiga elemen bangunan ini menjadi satu kesatuan dengan dinding bangunan.

 Lihat Video terkait :


D.    BALOK LATEI / LINTEL


Balok Latei / Lintel adalah balok beton yang terletak diatas kusen pintu dan jendela dimana fungsi dari balok ini adalah agar kusen tidak menerima beban langsung dari atas melainkan dipikul oleh balok ini sehingga kusen akan tetap kuat dan tidak melengkung karena berat beban dari atas dan ketika terjadi gempa beban tidak menimpa langsung kusen sehingga daun pintu tidak terjepi kusan serta bebas dibuka dan menjadi tempat untuk evekuasi.

Lihat Video terkait :

E.     BALOK  RING


Balok Ring adalah balok beton yang terletak diatas dinding bangunan. Balok ini berfungsi mengikat dinding yang ada dibawahnya, stabilisator dan pengunci ujung atas balok kolom, serta menerima beban dari rangka atap atau bagian lain yang ada diatasnya meratakannya lalu meneruskannya kebagian bangunan yang ada dibawahnya terutama pada balok kolom.

 
Gambar pemasangan Balok Ring pada pertemuan bidang – bidang dinding.

 
Gambar pembalokan dinding

 Lihat Video terkait :


F.      LANGIT – LANGIT


Langit – langit adalah bagian bangunan yang menjadi pembatas antara konstruksi atap dengan ruangan yang ada didalam bangunan. Fungsi dari langit – langit ini adalah :
·         Agar ruangan dibawahnya tampak bersih dan tidak kelihatan rangka atapnya.
·         Menahan kotoran / percikan air yang jatuh dari celah – celah bidang atap.
·         Mengurangi panas dan sinar matahari melalui bidang atap.
·         Sebagai tempat memasang / jalur instalasi listrik. 
Dsb.

Lihat Video terkait :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Buat Anda yang sedang cari jasa renovasi rumah murah dan berencana akan membuat pondasi dalam pasti butuh jasa bore pile atau jasa strauss pile menggunakan beton dengan harga jayamix atau harga beton jayamix. Atau jika Anda sedang mencari harga paving block per meter yg murah atau akan menghias taman, gunakan paving block taman dengan harga pasang paving block per m2 yg murah & berkualitas segera hubungi 0812-1180-292 (Momo)

Wawan Brio mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar